Pemugutan Suara Ulang Anies-Sandi Naik 40 Suara

0
36
anies-sandi
anies-sandi

Pemungutan Suara Ulang Pilkada DKI 2017 di TPS 29 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan sudah menunjukkan hasil. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 yaitu Anies Baswedan dan Sandiaga Uno atau disingkat Anies-Sandi kembali menang.

Hasil penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Anies-Sandi meraih 385 suara. Sedangkan pasangan calon bertahan yaitu nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat atau disingkat Ahok-Djarot memperoleh 19 suara, sementara pasangan calon nomor urut 1 yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni atau disingkat Agus-Sylvi memperoleh 7 suara. Hasil ini mengalami perubahan jika dibandingkan dengan Pilkada DKI 2017 pada tanggal 15 Februari kemarin.

Berdasarkan hasil pencatatan di TPS 29, pasangan calon Anies-Sandi menang dengan perolehan 345 suara pada tanggal 15 Februari lalu. Artinya, suara pasangan calon Anies-Sandi meningkat sebanyak 40 suara pada pemilihan ulang ini.

Sedangkan Ahok yang pada awalnya berada di posisi ketiga dengan total 29 suara kini malah berada di posisi kedua. Tapi pasangan calon nomor urut 2 ini harus rela kehilangan 10 suara.

Yang terunggul adalah pasangan calon Agus-Sylvi yang awalnya berada di posisi kedua dengan total 77 suara kini kehilangan hampir seluruh suaranya. Pada pemungutan suara ulang, pasanga calon Agus-Sylvi hanya mendapatkan 7 suara.

Antusiame warga yang datang pada hari Pilkada pertama dibanding dengan yang dilakukan pada pengumutan suara ulang sangatlah berbeda. DPT di TPS 29 mencapai 491 orang ditambah 21 DPT tambahan sehingga total 512 orang.

Pada Pilkada 15 Februari, petugast suara yang terpakai adalah 456 orang, dengan suara tidak sah mencapai 5 suara. Artinya adalah ada 48 surat suara yang tidak terpakai.

Sedangkan pada pemungutan suara ulang yang dimenangkan oleh pasangan calon Anies-Sandi di TPS 29 Kalibata itu, menerima suara sebanyak 525 surat suara dimana 1 surat suara rusak, 112 surat suara tak terpakai, dan 412 surat suara yang terpakai. Pada pemungutan suara ulang kalli ini tidak ada satu pun surat suara yang tidak terpakai.